Jumat, 05 Maret 2010

Nilai Patriotisme di Kalangan Generasi Muda


Semangat patriotisme dan heroisme di kalangan generasi muda sudah mulai luntur. Hal itu akibat derasnya arus globalisasi dan budaya luar ke Indonesia tanpa disaring.

Sekarang banyak anak sekolah yang sepertinya sudah tidak mengenal lagu-lagu perjuangan nasional. Mereka cenderung lebih kenal lagu-lagu dari luar maupun nasional,
kurangnya pendidikan mengenai budaya nasional dalam pendidikan kesenian di sekolah disinyalir sebagai penyebab utama lunturnya rasa nasionalisme dan heroisme di kalangan siswa. Bahkan, tambahnya, kedisiplinan anak-anak pun sudah tidak ada. Ini terlihat dari kurang disiplinnya anak-anak dalam belajar sehari-hari. Kita harus segera mencegah hal ini agar tidak merambah terlalu jauh.

Salah satu kegiatan yang bisa menumbuhkan rasa nasionalisme, heroisme, dan disiplin adalah kegiatan LTUB(Lomba Tata Upacara Bendera). Karena itu, secara periodik menyelenggarakan LTUB mulai dari tingkat wilayah sampai tingkat provinsi.

Intinya, menumbuhkan dan mengembangkan rasa nasionalisme, heroisme, dan disiplin di kalangan siswa.

penilaian dilakukan secara objektif oleh para juri yang datang langsung ke setiap sekolah. Sebenarnya, penilaian yang dilakukan bukan untuk mencari juara, tetapi sebagai evaluasi terhadap sekolah-sekolah, apakah upacara bendera ini dilakukan setiap Senin atau tidak.

banyak nilai yang bisa diambil dari upacara bendera, yakni untuk meningkatkan rasa cinta Tanah Air dan peduli sesama pelajar, guru, dan karyawan sekolah. Namun, katanya, masih banyak sekolah yang melaksanakan upacara bendera setiap dua minggu sekali, bahkan satu bulan sekali. Jelas hal ini akan menurunkan rasa cinta Tanah Air dan patriotisme di kalangan pelajar.


cara lain untuk para pelajar menerapkan patriotisme di kalangan sekolah adalah dengan belajar sungguh-sungguh, serta memiliki cita-cita ataupun ideologis yang dapat mengakibatkan perubahan positife di indonesia sehingga Indonesia menjadi negara/bangsa yang maju dan sejahtera di masa yang akan datang dan mempelajari sejarah serta budaya asli Indonesia, bukan sebaliknya. namun saat ini saya menilai para pelajar di sekolah mulai luntur sifat patriotisme dan nasionalisme kepada negara ini, kebanyakan dari mereka lebih menyukai budaya-budaya dari luar sehingga sedikit memiliki semangat cinta tanah air. Untuk dapat mengatasinya, salah satu cara ialah pemerintah memberikan suatu pelajaran ataupun penjelasan kepada para pelajar sehingga semangat cinta mereka kepada negara bertambah kuat. Cara lain adalah membuat atau mengadakan lomba-lomba untuk para siswa/generasi muda yang berhubungan dengan bangsa Indonesia serta semangat cinta tanah air, misalnya membuat lagu tentang perjuangan bangsa indonesia ataupun tentang generasi muda ,yang pada akhirnya akan membuat pemuda harapan bangsa sadar bahwa mereka adalah harapan dari sebuah bangsa besar yaitu Indonesia.

0 komentar:

Poskan Komentar